-->

Cerpen + Analisis Cerpen "Si Lugu dan Si Malin Kundang" karya Hamsad Rangkuti

Sekuriti kompleks perumahan mewah menghambat masuk orang tua dengan beban sepikul hasil bumi. Pintu gerbang tidak dia buka. Orang tua itu mengatakan dia berjalan dari stasiun kereta api mencari kompleks perumahan itu. Setandan pisang, dua ikat jagung, satu buah nangka masak, dan seekor ayam. Polisi lalu lintas melihat peristiwa itu dan menghentikan kendaraan roda duanya. Dia ingin tahu walau sebenarnya hal semacam itu bukanlah tugasnya.

Ada apa ini?” katanya sambil mendekat. Dia lihat orang tua itu meletakkan barang bawaannya di sekitar dirinya yang sangat letih. Ayam jantan itu menjulurkan kepalanya dari dalam sangkar anyaman daun kelapa menghirup udara segar.

Orang tua ini mau masuk ke dalam. Dia berkeras kalau salah seorang penghuni rumah mewah yang kujaga ini adalah anaknya. Aku tak percaya. Apalagi dia hanya bisa menyebut nama anaknya. Sedang yang lain, yang dibutuhkan untuk mencari sebuah rumah tidak dapat dia sebutkan. Maka aku tidak mempercayainya.”

“Bapak tentu datang dari kampung. Barang bawaan ini menunjukkannya.”

Polisi itu memerhatikan kepala ayam yang terjulur dari dalam anyaman daun kelapa tidak jauh dari dia berdiri. Dia lihat mata ayam itu merah. Paruh ayam ternganga. Kerongkongan bergerak-gerak mengatur napas. Lidahnya terjulur meneteskan liur.

“Ayam ini tidak boleh dibiarkan hidup di sekitar kita. Kulihat tanda-tanda pembawa virus dimilikinya.” Dicabutnya pistol. “Mengorbankan sebutir peluru lebih baik daripada membiarkan virus yang dibawanya menyebar di kompleks perumahan ini.” Dia arahkan moncong pistol ke kepala ayam itu. Dia lihat ulang mata ayam itu. Paruhnya yang menganga, kerongkongan yang bergerak terus mengatur napas. Lidah menjulur mengeluarkan liur. “Maaf Pak. Ayam ini harus dimusnahkan. Satu butir peluru…,” dia mulai menimbang-nimbang, “sayang juga.” Dia balikkan arah pistol. Moncong pistol dia pegang. Dia sangat berbakat dalam hal tak berperasaan. Dia tetak kepala ayam itu dengan gagang pistol. Ayam menggelupur dalam anyaman daun kelapa. Dia menoleh ke sekuriti, “Bawa ke sana. Gali lubang. Bakar!” Sekuriti rumah mewah itu mengambil ayam yang masih menggelepar-gelepar di dalam anyaman daun kelapa. Dia pun menggali lubang, memasukkan ayam yang masih terus menggelepar ke dalam lubang, dan membakarnya dengan ranting-ranting kering dan daun-daun kering. Orang tua itu ternganga melihat semua itu.

“Maaf Bapak. Ini terpaksa saya lakukan.” Katanya sambil menggosokkan gagang pistol ke rumput. “Coba Bapak katakan apa yang ingin Bapak lakukan bila kami izinkan Bapak masuk ke dalam kompleks perumahan mewah ini?”

“Aku akan mendatangi rumah anakku di dalam kompleks perumahan yang Engkau katakan mewah ini.”

“O, begitu. Tapi itu tidak mungkin. Tidak masuk akal kami. Kami tidak yakin Bapak adalah ayah dari salah seorang penghuni rumah mewah ini.”

“Jadi Engkau juga tidak percaya kalau aku adalah ayah dari salah seorang penghuni kompleks perumahan ini? Aku tidak boleh masuk mencari rumah anakku. Aku tidak boleh mengetuk dari pintu ke pintu sampai aku menemukan pintu rumah anakku.”

“Tidak boleh.” Polisi lalu lintas itu sekarang telah mengambil alih menangani orang tua itu. Dia lupa pada tugasnya sebagi polisi lalu lintas. Dia telah mengambil alih tugas sekuriti rumah mewah itu. Sekarang dia merasa dialah yang harus menangani orang tua itu.

“Di sini tinggal orang-orang kaya. Tidak mungkin dan tidak masuk akal, ayah dari salah seorang penghuni rumah mewah ini adalah Bapak. Pakaian Bapak adalah pakaian orang yang tak berpunya. Hampir sama dengan pakaian fakir miskin. Apa lagi ini.”

“Jadi Engkau tidak percaya kalau aku adalah orangtua salah seorang penghuni rumah mewah yang kalian katakan itu? Kalian adalah masyarakat Malin Kundang. Engkau mewakili masyarakat itu! Engkau akan menjadi batu.” Orang tua itu menunjuk ke polisi lalu lintas itu. Polisi lalu lintas itu terkejut:

Apa maksud orang tua ini? Aku mewakili masyarakat Malin Kundang? Legenda itu menceritakan orang-orang tidak percaya kalau wanita tua yang mengenakan pakaian yang dia punya adalah ibu si Malin Kundang. Tidaklah mungkin wanita tua terlunta-lunta di tepi pantai menunggu kedatangan anaknya adalah ibu seorang kaya raya. Ibu orang yang bepergian dengan kapal miliknya dari pulau ke pulau, menjalankan usaha di jalur perdagangannya. Dia datang ke pulau itu rindu akan kampung halamannya. Ibunya mendengar kabar kedatangan anaknya. Dia datang menyambut, tetapi orang-orang menertawakannya dan mengejeknya. Malin Kundang tidak mengakuinya sebagai ibu. Jadi, orang tua ini merasa diperlakukan seperti yang dilakukan Malin Kundang terhadap ibunya.

“Ya, betul. Kami tidak percaya. Bapak tidak mungkin ayah dari salah seorang pemilik rumah mewah ini.”

“Apa Engkau mau menjadi batu?”

Polisi lalu lintas itu tersenyum. Dia merasa ucapan orang tua itu sebuah lelucon.

Sebuah mobil kelas termahal berbelok ke arah pintu gerbang perumahan mewah itu. Lelaki yang duduk di bangku belakang menyentuh pundak sopir dan meminta kendaraan itu dihentikan. Lelaki itu bersama istrinya sedang pulang dari bepergian.

“Tunggu sebentar,” katanya. Dia perhatikan orang tua yang duduk di bendul jalan. Dia menoleh kepada istrinya. “Orang tua itu seperti ayah. Coba kau lihat. Ya…, seperti ayah. Ya! Itu Ayah! Lihat, apa yang dia bawa? Setandan pisang. Dua ikat jagung, dan sebuah nangka.”

“Ya, betul. Itu ayahmu. Ayahku juga. Mertuaku!”

“Ya, itu adalah ayah!”

Lelaki itu membuka pintu mobil. Dia turun. Langkahnya diikuti istrinya.

“Ayah!” Kata lelaki itu. Orang tua itu melihat ke lelaki itu. Dia berdiri dan air matanya menetes. Lelaki itu menerkam tubuh orang tua itu dan memasukkannya ke dalam dekapannya. Si istri mencium tangan laki-laki tua itu.

“Ayah!” Katanya.

Si Polisi lalu lintas tercengang menyaksikan peristiwa itu. Penjaga kompleks perumahan mewah itu juga tercengang. Buru-buru dia membuka pintu gerbang.

“Ayo, Ayah!” Kata laki-laki itu membimbing ayahnya masuk ke dalam mobil. Si wanita memeluk ayah suaminya itu dan mendudukkannya di bangku depan. Sebelum pintu tertutup, orang tua itu masih sempat menoleh ke polisi lalu lintas itu.

“Malin Kundang,” katanya. Anak dan menantunya tidak mendengar jelas kata-kata itu. Pintu ditutup si anak. Dia masuk menyusul istrinya di kursi belakang. Si sopir membuka pintu dan turun mengambil satu per satu bawaan lelaki tua itu. Mula-mula dia angkat satu tandan pisang, lalu dua ikat jagung, dan kemudian satu buah nangka. Semua dia masukkan ke tempat barang di buntut mobil.

“Ayah juga membawa ayam, tapi ayam itu mereka bunuh dan mereka bakar di dalam lubang.”

“Maafkan mereka ayah. Ayam hidup tidak boleh dibawa masuk ke dalam kompleks.”

Penjaga kompleks perumahan mewah itu membuka pintu gerbang selebar-lebarnya dan tampak dia terbingung-bingung. Polisi lalu lintas itu terpaku memerhatikan semua kejadian itu. Dia setengah tak percaya dengan apa yang dia lihat.

Polisi lalu lintas itu masih juga terbingung-bingung. Keterpukauannya disentakkan bunyi gerbang yang ditutup. Dia jadi teringat apa yang diucapkan orang tua itu. Malin Kundang. Apa hubungannya dengan aku. Malin Kundang memang menjadi batu dalam lagenda itu. Dia sentakkan kepalanya dari keterpukauannya untuk mengembalikan kesadarannya. Dia naik ke atas kendaraan roda duanya, menghidupkan mesin, dan meneruskan perjalanannya menuju markas kepolisian tempat dia bekerja. Dia terus memacu kendaraannya, lalu membelok ke dalam halaman markas. Dia sampai ke ruang markas. Masuk ke salah satu ruang dan melepas helm. Dia duduk sebentar lalu seperti teringat sesuatu. Dia beranjak dan pergi ke kamar kecil, membasuh popor pistol dari darah ayam yang sudah mengering. Kemudian dia kembali ke ruang tempat dia tadi duduk. Waktu melintas di depan gudang penyimpanan barang-barang, dia lihat pintu gudang tidak tertutup rapat. Lewat pintu yang sedikit renggang dia lihat patung dari bahan semen tersimpan di dalam. Selama ini dia tidak tertarik untuk masuk ke dalam dan memerhatikan patung-patung itu dari dekat. Sekarang tiba-tiba dia tertarik. Apakah setelah mendengar ucapan orang tua itu dia lalu tertarik masuk ke dalam untuk melihat patung-patung itu lebih dekat. Dia tersenyum, lalu dia buka pintu gudang itu lebih lebar. Tampak patung-patung memberi hormat kepadanya. Dia senyum membalas hormat patung-patung itu.

“Mirip betul. Mirip betul dengan diriku kalau aku mengenakan pakaian dinas. Pematung yang terampil. Dia berhasil memindahkan profesi polisi lalu lintas ke dalam diri patung-patung ini.” Dia kembali senyum memandang satu per satu patung-patung itu.

Patung-patung polisi lalu lintas itu belum semua terpasang di tempat-tempat strategis di jalan-jalan kota.

Dia tersenyum. Mungkin dia teringat satu pengalaman waktu dia naik taksi bersama keluarga. Waktu itu hujan lebat. Lampu lalu lintas di perempatan jalan dari arah taksi yang dia naiki sedang berwarna merah. Dia coba uji ketaatan si sopir. “Tidak ada kendaraan yang melintas. Aman. Kebut saja, Pak.” “Jangan. Saya patuh pada peraturan. Tidak Bapak lihat polisi di bawah hujan lebat itu. Dia memberi hormat kepada kita di bawah guyuran hujan. Lihat di sebelah kiri di depan kita.” “Aku lihat. Langgar saja! Itu kan sebuah patung.” “Jangan. Tunggu hijau. Hormati Polisi Patung itu. Dia diletakkan untuk mengingatkan para pengguna jalan agar disiplin di jalan raya.” Dia sebagai polisi yang sedang tidak mengenakan pakaian dinas puas mendengar apa yang dikatakan sopir taksi itu. “Ada satu lagi Polisi yang berisiko kalau kita tidak mengindahkannya walau sebenarnya dia tidak terjaga. “Polisi apa itu?” “Polisi Tidur.”

Lelaki yang didatangi ayahnya itu ingin membawa ayahnya berjalan-jalan melihat-lihat kota. Kali ini lelaki itu membawa langsung mobil mewahnya bersama istrinya yang duduk di sampingnya. Dia puas bisa menyenang-nyenangkan ayahnya. Waktu itu hujan lebat. Lampu lalu lintas tiba-tiba berwarna merah waktu mobil itu sampai di perempatan. Mobil dia hentikan. Setelah menunggu agak lama, si istri berpaling ke kiri dan ke kanan, lalu berkata.

“Aman Pa. Jalan saja.”

“Jangan. Kita harus patuh pada peraturan lalu lintas. Coba lihat polisi itu. Dia hormat kepada kita di bawah guyuran hujan lebat.”

“Di sebelah mana? Aku tidak melihat ada polisi.”

“Sebelah kiri di depan kita.”

“O, itu. Itu kan patung.”

Orang tua itu mendengar apa yang dibicarakan anak dan menantunya. Dia melihat ke depan, ke arah yang dikatakan anak dan menantunya. Tampak olehnya Polisi Patung di bawah guyuran hujan lebat dalam posisi memberi hormat kepada mereka. Mobil pun berjalan karena lampu telah hijau. Dari jendela orang tua itu melihat ke luar. Dia perhatikan patung polisi itu dalam guyuran hujan. Dia iba melihat Polisi Patung itu. Dia tiba-tiba tersentak.

“Ya Allah. Polisi itu…, menjadi batu….” ***

Hamsad Rangkuti (28 Oktober 2007)



Analisis cerpen “Si Lugu dan Si Malin Kundang”

Cerpen di atas mempunyai tema seorang yang lugu 
Dalam cerpen ini terdapat beberapa tokoh diantaranya adalah orang tua, anak laki2 dari orang tua itu, istri dan anak dari laki-laki itu, polisi, penjaga kompleks/sekuriti, sopir taksi.
Karakter tokoh : Orang tua : seorang yang berasal dari desa dan lugu.
Laki-laki (anak dari orang tua) : sangat menyayangi kedua orang tuanya, santai
Istri : sangat peduli sama mertuanya dan pengertian.
Polisi : seorang yang tegas, kejam, kurang punya etika, serta orang yang kurang tahu tugasnya.
Penjaga kompleks : seorang yang mempunyai patuh, disiplin namun kurang tegas terhadap tugasnya.
Dalam cerpen ini latar yang digunakan yaitu depan gerbang kompleks perumahan mewah, taksi, mobil pribadi, perempatan lampu merah dan markas derta gudang.
Dalam cerpen di atas sudut pandang penulis sebagai orang yang serba tahu.
Amanat yang disampaikan dalam cerpen diatas.
· Janganlah menilai orang dari luarnya saja, pada “Di sini tinggal orang-orang kaya. Tidak mungkin dan tidak masuk akal, ayah dari salah seorang penghuni rumah mewah ini adalah Bapak. Pakaian Bapak adalah pakaian orang yang tak berpunya. Hampir sama dengan pakaian fakir miskin.”
· Hormatilah orang yang lebih tua, pada “O, begitu. Tapi itu tidak mungkin. Tidak masuk akal kami. Kami tidak yakin Bapak adalah ayah dari salah seorang penghuni rumah mewah ini.”
· Janganlah hidup menjadi orang yang hidup tanpa ada perubahan, pada “Kalian adalah masyarakat Malin Kundang.
· Jadilah orang yang mempunyai wawasan luas, pada “Apa maksud orang tua ini? Aku mewakili masyarakat Malin Kundang? Legenda itu menceritakan orang-orang tidak percaya kalau wanita tua yang mengenakan pakaian yang dia punya adalah ibu si Malin Kundang. Tidaklah mungkin wanita tua terlunta-lunta di tepi pantai menunggu kedatangan anaknya adalah ibu seorang kaya raya. Ibu orang yang bepergian dengan kapal miliknya dari pulau ke pulau, menjalankan usaha di jalur perdagangannya. Dia datang ke pulau itu rindu akan kampung halamannya. Ibunya mendengar kabar kedatangan anaknya. Dia datang menyambut, tetapi orang-orang menertawakannya dan mengejeknya. Malin Kundang tidak mengakuinya sebagai ibu. Jadi, orang tua ini merasa diperlakukan seperti yang dilakukan Malin Kundang terhadap ibunya.
· Setiap orang mempunyai pekerjaan dan tugas masing-masing, pada “Polisi lalu lintas itu sekarang telah mengambil alih menangani orang tua itu. Dia lupa pada tugasnya sebagi polisi lalu lintas. Dia telah mengambil alih tugas sekuriti rumah mewah itu. Sekarang dia merasa dialah yang harus menangani orang tua itu.”
· Sayangilah keluarga bagaimanapun kondisinya, pada Ayah!” Kata lelaki itu. Orang tua itu melihat ke lelaki itu. Dia berdiri dan air matanya menetes. Lelaki itu menerkam tubuh orang tua itu dan memasukkannya ke dalam dekapannya. Si istri mencium tangan laki-laki tua itu.
· Taatlah pada peraturan yang telah dibuat dalam kondisi apapun, pada “Ayah juga membawa ayam, tapi ayam itu mereka bunuh dan mereka bakar di dalam lubang.”.“Maafkan mereka ayah. Ayam hidup tidak boleh dibawa masuk ke dalam kompleks.” Dan “Jangan. Kita harus patuh pada peraturan lalu lintas. Coba lihat polisi itu. Dia hormat kepada kita di bawah guyuran hujan lebat.”
· Bahagiakanlah orang tua kita, pada “Lelaki yang didatangi ayahnya itu ingin membawa ayahnya berjalan-jalan melihat-lihat kota. Kali ini lelaki itu membawa langsung mobil mewahnya bersama istrinya yang duduk di sampingnya. Dia puas bisa menyenang-nyenangkan ayahnya.
· Selalu mengacalah agar kita mengetahui diri kita, pada ““Mirip betul. Mirip betul dengan diriku kalau aku mengenakan pakaian dinas. Pematung yang terampil. Dia berhasil memindahkan profesi polisi lalu lintas ke dalam diri patung-patung ini.”
Gaya penulisan, penulis menggunakan cerpen sebagai cara untuk menuangkan kritikan-kritikan terhadap apa yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya : masyarakat malin kundang itu menyimbolkan bagaimana orang itu masih seperti yang dulu. Tidak ada perubahannya. Dalam hal ini pendangan seseorang selalu sama. Mereka cenderung memandang dari luarnya saja, baik itu tempat tinggal, jabatan, status social, fisik dan sebagainya. Patung polisi yang ada di jalan menyimbolkan bagaimana banyak orang yang mematuhi peraturanya kalau ada yang ngawasi. Jadi terjadi kekurang sadaran dalam masyarakat kita. Itu beberapa contoh yang dapat di ambil dari penilaian saya terhadap cerpen ini.
Dalam cerpen ini cenderung memudahkan penafsiran cerita dengan cara mengambil kejadian-kejadian yang pernah dialami semua orang, jadi hal ini membuat cerpen ini mempunyai daya tarik untuk di baca.
Dalam puisi ini juga mengunakan kata-kata yang simbolik, yang mempunyai makna yang memberikan warna dalam cerpen tersebut.

Biografi pengarang Hamsad Rangkuti telah lama malang-melintang dalam dunia sastra. Dengan cerpen-cerpennya, ia turut mewarnai kesusastraan Indonesia. “Seorang sastrawan harus total di dalam karyanya, sehingga bisa menghasilkan karya yang baik,” kata penerima Penghargaan Khusus Kompas 2001 ini. Ia dinilai setia pada profesinya sebagai penulis cerita pendek. Orang yang berpenampilan sangat sederhana ini lahir di Titikuning, Medan. Bersaudara enam orang saudaranya, masa kecil ia lewatkan di Kisaran, Asahan, Sumatera Utara. Ia suka menemani bapaknya, yang bekerja sebagai penjaga malam yang merangkap sebagai guru mengaji di pasar kota perkebunan itu. –
Kehidupan yang kurang beruntung, mengharuskan Hamsad membantu ibunya ikut mencari makan dengan menjadi penjual buah di pasar. Selain, bekerja sebagai buruh lepas di perkebunan tembakau. “Dulu belum ada semprotan hama, jadi dikerahkan orang untuk merawatnya. Tiap hari saya ikut ibu membalik-balik daun tembakau, bila ada ulatnya kita ambil,” paparnya. Setelah terkumpul, ulat-ulat itu mereka masukkan ke dalam tabung, yang kemudian dihitung jumlahnya oleh mandor perkebunan,” katanya. Menghadapi kepedihan karena belitan kesulitan hidup, Hamsad pun sering menghabiskan hari-harinya dengan melamun dan berimajinasi bagaimana memiliki dan menjadi sesuatu. Berkembanglah berbagai pikiran liar, yang antaranya ia tuangkan dalam cerita pendek. Kebetulan juga ayahnya suka mendongeng. “Saya merasa bakat mendongeng itu saya peroleh dari ayah saya. Cuma dia secara lisan, saya dengan tulisan,” katanya. Tak mampu berlangganan koran dan membeli buku, Hamsad terpaksa membaca koran tempel di kantor wedana setempat. Di sanalah ia berkenalan dengan karya-karya para pengarang terkenal seperti Anton Chekov, Ernest Hemingway, Maxim Gorki, O. Henry, dan Pramoedya Ananta Toer. Dari sini pula kepengarangannya tumbuh dan berkembang. Masih di SMP di Tanjungbalai, Asahan, ditahun 1959, ia menghasilkan cerpennya yang pertama, Sebuah Nyanyian di Rambung Tua, yang dimuat di sebuah koran di Medan. Pendidikan SMA nya hanya sampai kelas 2 tahun 1961, karena ia tak mampu lagi membayar uang sekolah. Hamsad lalu bekerja sebagai pegawai sipil Kantor Kehakiman Komando Daerah Militer II Bukit Barisan di Medan. Tapi hasrat menjadi pengarang lebih besar daripada bertahan sebagai pegawai. Saat itu kebetulan akan berlangsung Konferensi Karyawan Pengarang seluruh Indonesia (KKPI) di Jakarta, dan ia termasuk dalam delegasi pengarang Sumatera Utara di tahun 1964. “Setelah pulang konferensi itulah saya memutuskan tinggal di Jakarta,” papar penandatangan Manifes Kebudayaan ini. Ia tinggal di Balai Budaya, Jalan Gereja Theresia, Jakarta Pusat. “Saya tidur di ubin beralaskan koran. Karena ubinnya lebih rendah dari jalan, lantainya sering kebanjiran kalau hujan,” kata Hamsad mengungkapkan tahun-tahun awal penderitaannya di Jakarta. Namun di sini ia bisa menguping obrolan para seniman senior, yang sedang mengadakan acara kesenian atau sekadar berkumpul-kumpul di sana. Kini Hamsad telah mencapai cita-citanya menjadi penulis cerpen yang berhasil. Sejumlah cerpennya telah diterjemahkan ke dalam bahasa asing, seperti Sampah Bulan Desember yang diterjemahkan kedalam bahasa Inggris dan Sukri Membawa Pisau Belati yang diterjemahkan kedalam bahasa Jerman. Dua cerpen dari pemenang Cerita Anak Terbaik 75 Tahun Balai Pustaka tahun 2001 ini, Umur Panjang Untuk Tuan Joyokoroyo dan Senyum Seorang Jenderal pada 17 Agustus dimuat dalam Beyond the Horizon, Short Stories from Contemporary Indonesia yang diterbitkan oleh Monash Asia Institute. Tiga kumpulan cerpennya Lukisan Perkimpoian dan Cemara di tahun 1982 serta Sampah Bulan Desember di tahun 2000, masing-masing diterbitkan oleh Pustaka Sinar Harapan, Grafiti Pers, dan Kompas.Novel pertamanya, Ketika Lampu Berwarna Merah memenangkan sayembara penulisan roman DKI, yang kemudian diterbitkan oleh Kompas pada 1981. Bagi Hamsad, proses kreatif lahir dari daya imajinasi dan kreativitas. Sehingga ia pernah bilang pada suatu seminar di Ujung Pandang bahwa para seniman rata-rata pembohong. Tapi bagaimana ia sendiri terilhami ? Hamsad lalu menunjuk proses penciptaaan cerpennya Maukah Kau Menghapus Bekas Bibirnya di Bibirku dengan Bibirmu.

0 Response to "Cerpen + Analisis Cerpen "Si Lugu dan Si Malin Kundang" karya Hamsad Rangkuti"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1


aa route map, aa route planner uk, as route planner, best route map, draw on google maps, draw route on map, easy route planner,driving route planner, google map planner, google map plotter, google maps bike, google maps km, google maps online, google maps running, google root map, google running map, make a route, map and route planner, map my run google, map out a route, map your route, map your route driving, mark a route on a map, measure on google maps, plan my run google maps, plot a route on google maps, plot route on map, quickest route, quickest route planner, route creator, route map, rute map, shortest route planner, travel route planner map, trip route map,a a route planner,a route planner,aa driving directions,aa maps,aa multiple route planner,aa route,aa route map,aa route planner,aa route planner ireland,aa route planner uk,aa route planner usa,aa travel planner,aaa road trip planner,aaa route planner,aaa trip planner,american road trip planner,app to calculate distance walked,as route planner,auto route planner,auto trip planner,best bus route planner,best car route planner,best director,best driving directions,best driving route,best driving route planner,best free route planner,best map route planner,best online route planner,best online trip planner,best road trip map planner,best road trip planner,best road trip planner app,best road trip planning software,best road trip planning website,best road trip route planner,best route,best route calculator,best route driving directions,best route map,best route planner,best route planner app,best route planner multiple stops,best route planning website,best site for driving directions,best travel planner,best trip planner,best trip route planner,best way to map out a road trip,best way to plan a road trip,best way to plan a route with multiple stops,bike distance calculator,bike mileage calculator,bus journey planner,bus route trip planner,bus trip planner,calculate my trip,car road trip planner,car route planner,car travel planner,car trip planner,car trip planner app,car trip planner with stops,carsdirect,city route planner,city trip planner,commuter rail trip planner,create a driving map route,create a driving route on google maps,create a road trip,create a route map,create a route map on google maps,create driving route with multiple stops,create running route google maps,cross country driving trip planner,cross country road trip planner,cross country route planner,cross country trip planner,day trip planner,delivery route planner,destination planner,destination route planner,directions route planner,directions with stops,directions with traffic,distance finder map,distance tracker,distance tracker for running,distance tracker map,draw map route,driving directions europe,driving directions france,driving directions multiple destinations,driving directions multiple stops,driving directions route planner,driving directions sites,driving directions trip planner,driving directions uk,driving directions with hotels along route,driving directions with traffic,driving road trip planner,driving route optimizer,driving route planner,driving route planner app,driving route planner canada,driving route planner google,driving route planner multiple stops,driving route planning software,driving route tracker,driving travel planner,driving trip calculator,driving trip planner,driving trip planner app,driving trip planner with stops,driving vacation planner,easy road trip planner,easy route planner,easy trip planners,europe road trip planner,europe trip planner,family road trip planner,fastest directions,fastest driving route,fastest route,fastest route calculator,fastest route from my location,fastest route planner,find the best route,free driving route planner,free driving route planner multiple stops,free map route planner,free multiple address route planner,free multiple route planner,free online road trip planner,free online route planner,free road trip planner,free route map,free route planner,free route planner multiple stops,free trip planner,free trip planner map,from and to directions,gas trip planner,go metro trip planner,go plan,go route planner,go trip planner,google distance tracker,google get directions,google journey planner,google map my route,google map planner,google maps app route planner,google maps bike route planner,google maps create route,google maps create trip,google maps get directions from my location,google maps itinerary planner,google maps journey planner,google maps multiple routes,google maps old version,google maps route,google maps route optimization,google maps route planner,google maps route planner multiple stops,google maps shortcut,google maps timeline,google maps trip,google maps trip planner,google maps trip planner multiple stops,google maps uk,google maps vr,google maps without internet,google multiple route planner,google my maps,google planner,google road trip planner,google route,google route maker,google route optimization,google route planner,google route planner multiple stops,google route tracker,google travel planner,google trip planner,google trip planner app,google trip planner map,google walking route planner,gps google maps offline,gps route planner,help me plan a road trip,help me plan a trip,help me plan my road trip,help me plan my trip,help planning a trip,here map,hotel route planner,hotel trip planner,hotels on my driving route,how do i plan a route on google maps,how do you plan a route on google maps,how far did i ride,how far did i ride my bike,how far did i run,how far have i run,how far have i walked,how far is my run,how many miles did i run,how many miles have i walked,how to create a route on google maps,how to create a trip on google maps,how to make a route on google maps,how to make a trip on google maps,how to make route on google maps,how to map a road trip,how to map a route,how to map a route on google maps,how to map a trip,how to map a walking route,how to map out a road trip,how to map out a route,how to plan a driving route,how to plan a driving trip,how to plan a road trip,how to plan a road trip on google maps,how to plan a road trip with multiple stops,how to plan a road trip with stops,how to plan a route,how to plan a route on google maps,how to plan a route on google maps app,how to plan a trip,how to plan a trip on google maps,how to plan trip on google maps,how to plan trip with google maps,interactive trip planner,international route planner,itinerary maker google,itinerary planner online,jogging distance,jogging route planner,journey directions,journey map,journey planner,journey planner ireland,journey planner uk,journey planner usa,journey planning,journeys tracking,light rail trip planner,london route planner,long distance trip planner,make a driving route,make a route on google maps,make a running route,make a travel route map,make a trip on google maps,make my route,make my trip route planner,make trip plan,map a driving route with multiple stops,map a road trip route,map a road trip with multiple stops,map a trip with stops,map and route planner,map how far i walked,map itinerary maker,map my bike ride,map my drive,map my driving route,map my journey,map my road trip,map my road trip app,map my road trip with stops,map my route,map my route canada,map my route car,map my route driving multiple stops,map my route multiple stops,map my run create route,map my stops,map my travel route,map my trip,map my trip usa,map my trip with stops,map out a road trip,map out a route,map out a trip,map out a trip on google maps,map out driving route,map out my road trip,map out my trip,map out travel route,map out your trip,map pedometer,map planner app,map please,map quest route planner,map route maker,map route planner,map route planner google,map trip maker,map your road trip,map your route,map your route driving,map your travel route,map your trip,mapping out a road trip with multiple stops,mapquest directions route planner,mapquest mileage calculator,mapquest planner,mapquest road trip planner,mapquest route planner,mapquest route planner by car,mapquest trip planner,maps on us route planner,maps route planner multiple stops,maze map,measure my walking distance,metro bus plan my trip,metro bus route planner,metro bus trip planner,metro day planner,metro rail trip planner,metro route planner,metro transit plan my trip,metro transit planner,metro transit route planner,metro transit trip planner,metro transit trip planner app,metro travel planner,metro trip planner,metro trip planner app,mile calculator map,most efficient route planner,multi city map planner,multi city road trip planner,multi destination map planner,multi destination road trip planner,multi destination trip planner,multi location trip planner,multi point route planner,multi route planner,multi stop map planner,multi trip planner,multiple address route planner,multiple destination driving route planner,multiple destination route planner,multiple location route planner,multistop route planner,my online route planner,my trip map,myrouteonline,online road trip planner,online route map,online route planner,online trip planner free,online trip planner map,path trip planner,places to stop on a road trip,plan a driving trip with multiple stops,plan a road trip with google maps,plan a road trip with multiple stops,plan a route using google maps,plan a travel route by car,plan a trip using google maps,plan driving route google maps,plan gas stops on road trip,plan my bus route,plan my bus trip,plan my commute,plan my drive,plan my driving route with multiple stops,plan my itinerary,plan my journey,plan my ride,plan my road trip,plan my road trip usa,plan my road trip with stops,plan my route,plan my route driving,plan my route free,plan my route multiple stops,plan my travel,plan my trip,plan my trip app,plan my trip by car,plan my trip driving,plan my trip google,plan my trip google maps,plan my trip map,plan my trip metro,plan my trip train,plan out a road trip,plan your road trip,plan your route,plan your route google maps,plan your route map,plan your trip,plan your trip google maps,plan your trip map,plan your trip metro,plan your trip online,planned a trip,planner travel,planning maps,plot a driving route,plot a road trip,plot a route,plot a route on google maps,plot my route,plot my trip,plot route on map,plot trip on map,printable road trip planner,public transit route planner,public transport planner,public transport route planner,public transport trip planner,quickest route,quickest route planner,rac route planner,ride on trip planner,ride planner,road map trip planner multiple stops,road planner,road planning,road route,road route map,road route planner,road travel planner,road trip,road trip across the us planner,road trip builder,road trip calculator,road trip directions,road trip finder,road trip gas planner,road trip gas station planner,road trip generator,road trip guide,road trip hotel planner,road trip itinerary planner,road trip maker,road trip map,road trip map app,road trip map creator,road trip map maker,road trip map planner,road trip map planner multiple stops,road trip mapping tool,road trip planner,road trip planner app,road trip planner app free,road trip planner attractions,road trip planner with hotel stops,road trip planner with stops,road trip planning sites,road trip planning software,road trip planning tool,road trip planning website,road trip route planner,road trip route planner google maps,road trip routes,road trip time calculator,road trip time planner,road trip tracker,road trip travel planner,roadmap planner,roadtrip planer,round trip road trip planner,route a trip on google maps,route builder google maps,route calculator,route checker,route creator,route creator driving,route distance,route distance planner,route itinerary planner,route maker,route maker app,route maker free,route maker google,route maker google maps,route map,route map app,route map maker,route mapping tool,route my drive,route my road trip,route my trip,route optimization,route planner app,route planner england,route planner europe,route planner europe multiple stops,route planner italy,route planner multi stop,route planner multiple stops online free,route planner program,route planner time of day,route planner unlimited stops,route planner usa,route planner with hotel stops,route planner with hotels,route planner with stops,route planner with times,route planner with traffic,route planning software,route planning tool,route planning website,route schedule,route tracker,route trip,route your trip,routes online,rta trip planner app,run calculator map,run mapping tool,run my route,run planner google maps,running distance calculator,running mile tracker,running mileage calculator,running route calculator,running route planner google maps,running routes,rut map driving,rute map,scenic road trip planner,schedule a trip,service route planner,shortest driving route,shortest route,shortest route finder,shortest route map,shortest route planner,sightseeing road trip planner,stop by stop route planner,subway route planner,subway trip planner,touring plans,track my bike ride,track my distance,track my driving route,track my miles walking,track my route,track my run,track my run app,track my run google,track my running distance,track my walking distance,track route google maps,track route on map,track your walk,train route planner,transit route planner,transit trip planner,transpo travel planner,transport route planner,travel directions driving,travel finder website,travel itinerary planner,travel map planner,travel planner,travel planner app,travel planner online,travel planner usa,travel planning map app,travel planning sites,travel planning websites,travel route maker,travel route map,travel route map maker,travel route planner,travel route planner app,travel route planner map,travel schedule planner,travel trip planner,travelfinder,trip calculator,trip calculator app,trip creator,trip directions planner,trip distance planner,trip driving directions,trip finder app,trip helper,trip itinerary,trip journey planner,trip maker,trip map,trip map maker,trip mapping tool,trip mileage planner,trip organiser,trip organizer,trip organizer online,trip planet,trip planner,trip planner app,trip planner calculator,trip planner map,trip planner map maker,trip planner map multiple stops,trip planner mobile,trip planner on google maps,trip planner online,trip planner program,trip planner road trip,trip planner usa road trip,trip planner with gas stops,trip planner with multiple stops,trip planner with stops,trip planning map tool,trip planning sites,trip planning software,trip planning websites,trip plotter,trip route map,trip route planner,trip routing software,trip schedule planner,trip scheduler,trip time planner,truck route planner,uk trip planner,united states trip planner,us road trip map planner,us route planner road trip,usa road trip map planner,usa road trip planner,usa travel planner,usa trip planner,usa trip planner map,using a map for trip planning to make driving,vacation road trip planner,vacation route planner,vacation trip planner,via bus trip planner,via plan my trip,via planner,via route planner,via trip planner,visit plan,vr maps,walking distance calculator map,walking mileage calculator,walking route planner,walking trip planner,we maps,websites to help plan a road trip,what is the best road trip planner

Iklan Tengah Artikel 2

maps, draw route on map, easy route planner,driving route planner, google map planner, google map plotter, google maps bike, google maps km, google maps online, google maps running, google root map, google running map, make a route, map and route planner, map my run google, map out a route, map your route, map your route driving, mark a route on a map, measure on google maps, plan my run google maps, plot a route on google maps, plot route on map, quickest route, quickest route planner, route creator, route map, rute map, shortest route planner, travel route planner map, trip route map/a a route planner,a route planner,aa driving directions,aa maps,aa multiple route planner,aa route,aa route map,aa route planner,aa route planner ireland,aa route planner uk,aa route planner usa,aa travel planner,aaa road trip planner,aaa route planner,aaa trip planner,american road trip planner,app to calculate distance walked,as route planner,auto route planner,auto trip planner,best bus route planner,best car route planner,best director,best driving directions,best driving route,best driving route planner,best free route planner,best map route planner,best online route planner,best online trip planner,best road trip map planner,best road trip planner,best road trip planner app,best road trip planning software,best road trip planning website,best road trip route planner,best route,best route calculator,best route driving directions,best route map,best route planner,best route planner app,best route planner multiple stops,best route planning website,best site for driving directions,best travel planner,best trip planner,best trip route planner,best way to map out a road trip,best way to plan a road trip,best way to plan a route with multiple stops,bike distance calculator,bike mileage calculator,bus journey planner,bus route trip planner,bus trip planner,calculate my trip,car road trip planner,car route planner,car travel planner,car trip planner,car trip planner app,car trip planner with stops,carsdirect,city route planner,city trip planner,commuter rail trip planner,create a driving map route,create a driving route on google maps,create a road trip,create a route map,create a route map on google maps,create driving route with multiple stops,create running route google maps,cross country driving trip planner,cross country road trip planner,cross country route planner,cross country trip planner,day trip planner,delivery route planner,destination planner,destination route planner,directions route planner,directions with stops,directions with traffic,distance finder map,distance tracker,distance tracker for running,distance tracker map,draw map route,driving directions europe,driving directions france,driving directions multiple destinations,driving directions multiple stops,driving directions route planner,driving directions sites,driving directions trip planner,driving directions uk,driving directions with hotels along route,driving directions with traffic,driving road trip planner,driving route optimizer,driving route planner,driving route planner app,driving route planner canada,driving route planner google,driving route planner multiple stops,driving route planning software,driving route tracker,driving travel planner,driving trip calculator,driving trip planner,driving trip planner app,driving trip planner with stops,driving vacation planner,easy road trip planner,easy route planner,easy trip planners,europe road trip planner,europe trip planner,family road trip planner,fastest directions,fastest driving route,fastest route,fastest route calculator,fastest route from my location,fastest route planner,find the best route,free driving route planner,free driving route planner multiple stops,free map route planner,free multiple address route planner,free multiple route planner,free online road trip planner,free online route planner,free road trip planner,free route map,free route planner,free route planner multiple stops,free trip planner,free trip planner map,from and to directions,gas trip planner,go metro trip planner,go plan,go route planner,go trip planner,google distance tracker,google get directions,google journey planner,google map my route,google map planner,google maps app route planner,google maps bike route planner,google maps create route,google maps create trip,google maps get directions from my location,google maps itinerary planner,google maps journey planner,google maps multiple routes,google maps old version,google maps route,google maps route optimization,google maps route planner,google maps route planner multiple stops,google maps shortcut,google maps timeline,google maps trip,google maps trip planner,google maps trip planner multiple stops,google maps uk,google maps vr,google maps without internet,google multiple route planner,google my maps,google planner,google road trip planner,google route,google route maker,google route optimization,google route planner,google route planner multiple stops,google route tracker,google travel planner,google trip planner,google trip planner app,google trip planner map,google walking route planner,gps google maps offline,gps route planner,help me plan a road trip,help me plan a trip,help me plan my road trip,help me plan my trip,help planning a trip,here map,hotel route planner,hotel trip planner,hotels on my driving route,how do i plan a route on google maps,how do you plan a route on google maps,how far did i ride,how far did i ride my bike,how far did i run,how far have i run,how far have i walked,how far is my run,how many miles did i run,how many miles have i walked,how to create a route on google maps,how to create a trip on google maps,how to make a route on google maps,how to make a trip on google maps,how to make route on google maps,how to map a road trip,how to map a route,how to map a route on google maps,how to map a trip,how to map a walking route,how to map out a road trip,how to map out a route,how to plan a driving route,how to plan a driving trip,how to plan a road trip,how to plan a road trip on google maps,how to plan a road trip with multiple stops,how to plan a road trip with stops,how to plan a route,how to plan a route on google maps,how to plan a route on google maps app,how to plan a trip,how to plan a trip on google maps,how to plan trip on google maps,how to plan trip with google maps,interactive trip planner,international route planner,itinerary maker google,itinerary planner online,jogging distance,jogging route planner,journey directions,journey map,journey planner,journey planner ireland,journey planner uk,journey planner usa,journey planning,journeys tracking,light rail trip planner,london route planner,long distance trip planner,make a driving route,make a route on google maps,make a running route,make a travel route map,make a trip on google maps,make my route,make my trip route planner,make trip plan,map a driving route with multiple stops,map a road trip route,map a road trip with multiple stops,map a trip with stops,map and route planner,map how far i walked,map itinerary maker,map my bike ride,map my drive,map my driving route,map my journey,map my road trip,map my road trip app,map my road trip with stops,map my route,map my route canada,map my route car,map my route driving multiple stops,map my route multiple stops,map my run create route,map my stops,map my travel route,map my trip,map my trip usa,map my trip with stops,map out a road trip,map out a route,map out a trip,map out a trip on google maps,map out driving route,map out my road trip,map out my trip,map out travel route,map out your trip,map pedometer,map planner app,map please,map quest route planner,map route maker,map route planner,map route planner google,map trip maker,map your road trip,map your route,map your route driving,map your travel route,map your trip,mapping out a road trip with multiple stops,mapquest directions route planner,mapquest mileage calculator,mapquest planner,mapquest road trip planner,mapquest route planner,mapquest route planner by car,mapquest trip planner,maps on us route planner,maps route planner multiple stops,maze map,measure my walking distance,metro bus plan my trip,metro bus route planner,metro bus trip planner,metro day planner,metro rail trip planner,metro route planner,metro transit plan my trip,metro transit planner,metro transit route planner,metro transit trip planner,metro transit trip planner app,metro travel planner,metro trip planner,metro trip planner app,mile calculator map,most efficient route planner,multi city map planner,multi city road trip planner,multi destination map planner,multi destination road trip planner,multi destination trip planner,multi location trip planner,multi point route planner,multi route planner,multi stop map planner,multi trip planner,multiple address route planner,multiple destination driving route planner,multiple destination route planner,multiple location route planner,multistop route planner,my online route planner,my trip map,myrouteonline,online road trip planner,online route map,online route planner,online trip planner free,online trip planner map,path trip planner,places to stop on a road trip,plan a driving trip with multiple stops,plan a road trip with google maps,plan a road trip with multiple stops,plan a route using google maps,plan a travel route by car,plan a trip using google maps,plan driving route google maps,plan gas stops on road trip,plan my bus route,plan my bus trip,plan my commute,plan my drive,plan my driving route with multiple stops,plan my itinerary,plan my journey,plan my ride,plan my road trip,plan my road trip usa,plan my road trip with stops,plan my route,plan my route driving,plan my route free,plan my route multiple stops,plan my travel,plan my trip,plan my trip app,plan my trip by car,plan my trip driving,plan my trip google,plan my trip google maps,plan my trip map,plan my trip metro,plan my trip train,plan out a road trip,plan your road trip,plan your route,plan your route google maps,plan your route map,plan your trip,plan your trip google maps,plan your trip map,plan your trip metro,plan your trip online,planned a trip,planner travel,planning maps,plot a driving route,plot a road trip,plot a route,plot a route on google maps,plot my route,plot my trip,plot route on map,plot trip on map,printable road trip planner,public transit route planner,public transport planner,public transport route planner,public transport trip planner,quickest route,quickest route planner,rac route planner,ride on trip planner,ride planner,road map trip planner multiple stops,road planner,road planning,road route,road route map,road route planner,road travel planner,road trip,road trip across the us planner,road trip builder,road trip calculator,road trip directions,road trip finder,road trip gas planner,road trip gas station planner,road trip generator,road trip guide,road trip hotel planner,road trip itinerary planner,road trip maker,road trip map,road trip map app,road trip map creator,road trip map maker,road trip map planner,road trip map planner multiple stops,road trip mapping tool,road trip planner,road trip planner app,road trip planner app free,road trip planner attractions,road trip planner with hotel stops,road trip planner with stops,road trip planning sites,road trip planning software,road trip planning tool,road trip planning website,road trip route planner,road trip route planner google maps,road trip routes,road trip time calculator,road trip time planner,road trip tracker,road trip travel planner,roadmap planner,roadtrip planer,round trip road trip planner,route a trip on google maps,route builder google maps,route calculator,route checker,route creator,route creator driving,route distance,route distance planner,route itinerary planner,route maker,route maker app,route maker free,route maker google,route maker google maps,route map,route map app,route map maker,route mapping tool,route my drive,route my road trip,route my trip,route optimization,route planner app,route planner england,route planner europe,route planner europe multiple stops,route planner italy,route planner multi stop,route planner multiple stops online free,route planner program,route planner time of day,route planner unlimited stops,route planner usa,route planner with hotel stops,route planner with hotels,route planner with stops,route planner with times,route planner with traffic,route planning software,route planning tool,route planning website,route schedule,route tracker,route trip,route your trip,routes online,rta trip planner app,run calculator map,run mapping tool,run my route,run planner google maps,running distance calculator,running mile tracker,running mileage calculator,running route calculator,running route planner google maps,running routes,rut map driving,rute map,scenic road trip planner,schedule a trip,service route planner,shortest driving route,shortest route,shortest route finder,shortest route map,shortest route planner,sightseeing road trip planner,stop by stop route planner,subway route planner,subway trip planner,touring plans,track my bike ride,track my distance,track my driving route,track my miles walking,track my route,track my run,track my run app,track my run google,track my running distance,track my walking distance,track route google maps,track route on map,track your walk,train route planner,transit route planner,transit trip planner,transpo travel planner,transport route planner,travel directions driving,travel finder website,travel itinerary planner,travel map planner,travel planner,travel planner app,travel planner online,travel planner usa,travel planning map app,travel planning sites,travel planning websites,travel route maker,travel route map,travel route map maker,travel route planner,travel route planner app,travel route planner map,travel schedule planner,travel trip planner,travelfinder,trip calculator,trip calculator app,trip creator,trip directions planner,trip distance planner,trip driving directions,trip finder app,trip helper,trip itinerary,trip journey planner,trip maker,trip map,trip map maker,trip mapping tool,trip mileage planner,trip organiser,trip organizer,trip organizer online,trip planet,trip planner,trip planner app,trip planner calculator,trip planner map,trip planner map maker,trip planner map multiple stops,trip planner mobile,trip planner on google maps,trip planner online,trip planner program,trip planner road trip,trip planner usa road trip,trip planner with gas stops,trip planner with multiple stops,trip planner with stops,trip planning map tool,trip planning sites,trip planning software,trip planning websites,trip plotter,trip route map,trip route planner,trip routing software,trip schedule planner,trip scheduler,trip time planner,truck route planner,uk trip planner,united states trip planner,us road trip map planner,us route planner road trip,usa road trip map planner,usa road trip planner,usa travel planner,usa trip planner,usa trip planner map,using a map for trip planning to make driving,vacation road trip planner,vacation route planner,vacation trip planner,via bus trip planner,via plan my trip,via planner,via route planner,via trip planner,visit plan,vr maps,walking distance calculator map,walking mileage calculator,walking route planner,walking trip planner,we maps,websites to help plan a road trip,what is the best road trip planner

Iklan Bawah Artikel